Berkunjung ke Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Pacitan Jawa Timur Indonesia

Pernah ke Pacitan...?
Kabupaten Pacitan terletak di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan
Utara - Kabupaten Ponorogo
Timur - Kabupaten Trenggalek
Barat - Wonogiri ( Jawa Tengah )
Selatan - Samudra Hindia
            Kabupaten Pacitan sebagian besar wilayahnya berupa bebatuan pegunungan kapur, tak heran jika diwilayah tersebut memiliki banyak goa, salah satunya adalah Goa Gong yang notabene terkenal sebagai Goa terindah se Asia Tenggara.
            Pacitan dikenal dengan nama Kota Pariwisata atau Kota Seribu Goa. Hal ini dikarenakan kekayaan alam dan ekstika Pacitan yang sungguh luar biasa dan sangat memikat para pengunjung. Pariwisata di Pacitan terdiri dari Wisata Goa, Wisata Pantai, Wisata Pegunungan (Hikking), Wisata Sejarah serta Wisata Pemandian Alam

Pantai Klayar Pacitan 

         Oke langsung saja, saat ini saya akan sedikit bercerita tentang indahnya Pantai Klayar Pacitan, salah satu dari beberapa destinasi Pariwisata Pantai di Kabupaten Pacitan.
Pantai Klayar tepatnya berada di Desa Sendang Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan.Pantai klayar ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yaitu pantai yang sudah terlebih dahulu dikelola sebagai tempat wisata.
           Perjalanan saya dari Bojonegoro sekitar pukul 22.00 WIB mengambil arah Ngawi, selanjutnya Madiun dan istirahat sebentar di SPBU Madiun, dilanjut sampai Pacitan Pukul 04.30 untuk sholat subuh, tepatnya di Ngadirejan, Pringkuku Pacitan, setelah sholat subuh dilanjutkan perjalanan menuju lokasi.
          Perjalan menuju pantai ini cukup menarik, jalanannya berbelok- belok dengan panorama bukit bebatuan, naik turun dan tampak kanan kiri jalan banyak ditanami pohon kelapa menjulang tinggi.

Pantai Klayar ini memiliki air laut dengan warna yang biru dan ombak yang sangat besar, sehingga para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang dilokasi tersebut, Bibir pantai dihiasi tumbuhan pohon kelapa dan beberapa gazebo yang sangat nyaman dipakai berteduh untuk menikmati keindahan pantai tersebut.
       
Yang tampak unik dari pantai tersebut adalah tampak karang besar yang menyerupai patung Sphinx di Mesir serta adanya Fenomena siulan Laut, Fenomena siulan laut merupakan fenomena unik yaitu ada sebuah celah di batu karang, ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas sehingga mirip sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter Air mancur ini  disertai dengan suara mirip siulan.
Pokoknya amazing dan Beautiful banget

       
Sekitar lokasi wilayah pantai juga sudah disediakan banyak home stay bagi wisatawan yang hendak bermalam atau menginap, bagi wisatawan yang hendak membeli cindremata, misalnya kaos Pacitan juga sudah disediakan di tempat ini.
Simak video dibawah ini

Begitulah sedikit cerita tentang kunjungan di Pantai Klayar Pacitan dilanjut ke Goa Gong.

Related Posts:

0 Response to "Berkunjung ke Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur"

Post a Comment