Berkunjung ke Goa Gong, Goa terindah se Asia Tenggara

Berkunjung ke Goa Gong, Goa terindah se Asia Tenggara
Setelah dari Pantai Klayar Pacitan perjalan dilanjut ke Goa Gong.

GOA GONG PACITAN

PARADISE OF JAVA Banyak wisatawan yang menjuluki Pacitan dengan kata tersebut, Keindahan dan pesona wisata alam di Pacitan memang sangat menggiurkan.
Setelah pagi tadi berkunjung di Pantai Klayar, perjalanan dilanjut ke Goa GONG, salah satu destinasi wisata Puluhan Goa yang ada di Pacitan. Goa Gong merupakan Goa yang telah dinobatkan sebagai Goa terindah se Indonesia, bahkan se Asia Tenggara  karena stalaktit dan stalakmitnya yang sangat menawan.   


 Saat saya memasuki Goa yang yang katanya memiliki panjang 256 meter ini  sambutan Penjual Kipas dan penyedia Jasa Sewa Lampu  Senter ( Dulu saya sering sebut SENTOLOP )  terlihat berbaris rapi dimulut Goa, saya tidak membeli kipasnya juga tidak menyewa Senternya
Terlintas dalam benak saya apakah Goa ini lebih cantik dari Goa Akbar atau putri Asih Tuban Jawa Timur ? seiring berjalannya langkah kaki menyusuri undakan/ tangga goa tersebut jawaban itu sudah mulai muncul dengan sendirinya.
Panorama kecantikan dinding- dinding gua tampak sangat mempesona, apalagi saat sampai ujung lorong disana tampak Sebuah ruangan yang membentuk kubah rakasa yang panjangnya mungkin sekitar lebih dari 100 meter, dengan lebar 15 hingga 40 meter dan tinggi sekitar 30an  meter sangat membuat decak kagum, Subhanallah......

        Meskipun perlahan leher dan tubuh mulai terasa berkeringat, kakipun mulai terasa agak pegal namun pesona Stalaktit dan stalakmit gua tersebut bisa memusnahkan semua rasa tersebut.
       Ada beberapa pengunjung lain  yang memukul- mukul dinding goa dengan kepalan tangan mereka , mungkin mereka penasaran kenapa Goa tersebut dinamakan Goa Gong ( Alat musik Pukul dengan suara Nyaring ) seperti penasaran saya  juga , yang terlintas dibenak saya juga seperti itu, cuman tidak berani mukul, takutnya masuk dalam suatu larangan. Dung...Dung....Dung....suara dengungan tersebut memang cukup nyaring.
Penjual Batu Akik & Aksesoris bebatuan

   Saya tidak sempat mendalami istilah istilah yang ada didalam  Goa tersebut, karena rasa takjub saya sudah melupakan segalanya, namun melihat dari beberapa sumber , Stalaktit dan stalakmit yang beraneka bentuk dan ukuran tersebut diberi nama seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan lain sebagainya, begitu pula sumber air yang berada dalam goa tersebut atau istilahnya Sendang, juga diberi nama atau julukan diantaranya adalah  Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto.
Itulah sedikit cerita tentang Goa Gong, Goa Gong tepatnya berada di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur , silahkan berkunjung.

Related Posts:

0 Response to "Berkunjung ke Goa Gong, Goa terindah se Asia Tenggara"

Post a Comment