Panen Ikan Berkah Pasca Banjir

Sudah hampir seminggu puluhan warga baik anak-anak maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan blek-tumplek mencari ikan dibeberapa tempat yang tergenang air diwilayah Desa Sumbang timun kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro.
Masih ingat khan dengan banjir akhir Nopember/awal Desember lalu...?
Hampir dipastikan jika debit air bengawan solo meluap beberapa desa di wilayah bantaran bengawan solo akan merasakan banjir, begitu juga dengan desa sumbang timun trucuk, desa ini tak pernah luput dari banjir luapan bengawan solo, seperti tampak pada video yang kami unggah beberapa minggu yang lalu dibawah ini
=============== VIDEO BANJIR SUMBANG TIMUN =====================
Banjir yang sudah terlanjur masuk dibeberapa lahan seputar pemukiman warga sebagian besar sudah tidak bisa keluar lagi, jika ingin mengeluarkannya harus menggunakan pompa air yang cukup besar, sedangkan untuk pompa air tentunya membutuhkan dana yang cukup dan tidak semua warga memiliki pompa air, sehingga banyak warga yang akan membiarkan air genangan genangan tersebut surut dengan sendirinya.
            "Dimana ada air disitu ada ikan" ini bukanlah hanya pepatah semata, lha wong mbah saridin aja bisa menemukan ikan didalam buah kelapa, karena ada air disitu ada ikan. Begitu juga kubangan kubangan air yang berada di lingkungan rumah warga desa sumbang timun, kubangan tersebut saat ini sedang di aduk oleh puluhan warga ( atau istilah bahasanya di Ubek ) sehingga air yang bening tersebut akan menjadi keruh dan semua ikannya akan bingung sehingga muncul ke permukaan, wargapun akan dengan mudah menangkap ikan ikan tersebut.
Seperti yang dijelaskan oleh A'iem Chee Qweetaphee ( angel men jenengmu wacanane im ) salah satu warga desa sumbang timun yang tak pernah ketinggalan dalam acara Ngubek Iwak, aktifitas mencari ikan ini sudah dilakukan lebih dari seminggu yang lalu dengan tempat yang berbeda-beda dan Alhamdulillah pasti selalu dapat ikan banyak,ya itung-itung juga sebagai pengisi liburan sekolah pak,.....panen ikan berkah banjir  kebanyakan adalah ikan gabus/ blencing ( dengan senyum ).

Related Posts:

1 Response to "Panen Ikan Berkah Pasca Banjir"

  1. Exit the Gungeon is a dungeon climber with a bullet in the immediate aftermath of the adventures of the inappropriate "Gungeoneers" and his personal graduation trip to Enter the Gungeon. Gungeon has turned into a paradox and is collapsing! paintstorm studio Key and dll suite Key and bulk image downloader Key with synthesia Key with an ever-changing weapon, an insatiable need to steal, and a dependable dodge role, each of our heroes must scale and escape through their own unique path of increasingly dangerous elevators. Fight the last and bitterest in Gundead at a frantic pace, slowing down enough to chat with some familiar faces ... and some new ones. Locker rooms, enemies, bosses, strange weapons, and items are combined to ensure there are no two attempts to get out of the dungeon.

    ReplyDelete