Aksi Banjir 212 di Bojonegoro tidak begitu damai

Aksi banjir meluapnya air bengawan solo saat ini ( 3 Desember 2016 ) sudah surut, banjir luapan bengawan solo lusa, pertama kali datang pada tanggal 26 Nopember ( aksi banjir I ) dalam aksi banjir ini air banjir juga lumayan besar,terlihat dibeberapa wilayah bantaran sungai bengawan solo sudah banyak yang tergenangi, salah satunya adalah di desa saya Kandangan Trucuk kabupaten Bojonegoro.

Aksi banjir I ini juga cukup menggenangi beberapa wilayah di kota Bojonegoro, Tuban dan sekitarnya seperti terlihat di video siaran  JTV dibawah ini :
Bahkan beberapa persiapan penyambuatan banjir juga sudah disiapkan seperti tempat pengungsian dan lainnya. Banjir ini tidak berlangsung lama, namun debit air bengawan solo tetap tidak mau surut total, alias masih nongkrong dalam kondisi Siaga II.

Karena kondisi cuaca hampir tiap hari hujan debit air bengawan solo akhirnya naik lagi, hingga siaga II dengan tren naik secara kontineu....dan akhirnya tanggal 30 Nop-1 Desember Banjir datang lagi ( Aksi Banjir II ).
      Aksi banjir II ini lebih besar dari pada banjir I yang terjadi dua hari lalu, lagi-lagi seperti contoh adalah wilayah desa saya, kalau banjir I wilayah Rt 09/02 belum digenangi air, Aksi banjir II ini sudah penuh dengan genangan air dijalan-jalan, seperti videio dibawah ini :
 Selain video diatas, dibawah ini adalah video sekolah yang terletak ditetangga desa saya yakni Sumbang Timun, sekolahan ini dalam aksi banjir I sudah diliburkan, saat aksi banjir II lagi-lagi dengan terpaksa harus diliburkan juga, karena banjir lebih besar.

Banjir II ini banyak menyimpan duka, ratusan hektar sawah tergenang,tanaman padi didesa saya banyak yang terendam, dengan usia padi yang berbeda-beda yakni antara 30 hari sampai dengan yang hampir panen.
selain menggenangi beberapa persawahan, pemukiman, nampaknya banjir jilid II ini sudah tidak bisa disebut damai lagi, seperti yang terlihat dalam video dibawah ini
sebuah rumah milik warga Bojonegoro terbawa arus luapan banjir jilid II.
banjir jilid II ini perlahan mulai surut yaitu tanggal 2-12 kemarin bersamaan dengan pulangnya ribuan jamaah yang melaksanakan gelar do'a bersama dalam aksi super damai 212 di Monas

Related Posts: