Mengenal Kualitas Kacamata Hitam

Mengenal Kualitas Kacamata Hitam
 
Bentuk desain dan warna adalah dua hal yang melulu jadi perhatian ketika memilih kacamata hitam. Padahal, pemilihan kacamata hitam ini sebaiknya tidak semata-mata hanya pada unsur tren dan untuk bergaya, tetapi juga memerhatikan kualitasnya yang ditentukan oleh jenis material yang digunakan. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli kacamata hitam:

Lensa
Semakin berkualitas lensa yang digunakan, maka matapun akan semakin nyaman. Jika menggunakan lensa yang terbuat dari plastik, hindarilah lensa yang terbuat dari bahan akrilik karena membuat cepat pusing dan lama kelamaan malah akan semakin merusak mata.

Lensa pada kacamata hitam inipun sebaiknya telah dilapisi dengan pelindung sinar ultraviolet. Lapisan tersebut berguna untuk menyerap sinar ultraviolet dan melindungi mata dari akibat yang mungkin disebabkan dari sinar ultraviolet. Salah satunya adalah katarak. Saat inipun terdapat pelindung sinar ultraviolet sebesar 100% untuk melindungi dengan sempurna.

Jenis lensa yang digunakan, kaca atau plastik, juga memengaruhi kenyamanan, kekuatan, maupun kejernihan pandangan yang dihasilkan. Lensa yang terbuat dari kaca umumnya memberi kejernihan lebih dan lebih tidak mudah tergores dibandingkan lensa yang terbuat dari bahan plastik.

Baca juga tentang Kacamata Polarized disini ====>  Cara membedakan Kacamata Polarized dan non polarized

Bingkai
Terdapat beragam material yang dapat digunakan untuk bingkai kacamata. salah satunya adalah bahan plastik, seperti jenis seluloid, yang terasa ringan saat dikenakan. Sementara itu, ada pula yang terbuat dari bahan logam, dengan varian jenisnya tersendiri.

Bahan titanium adalah salah satu logam yang banyak ditemui karena sifatnya yang juga ringan, kuat, dan tidak mudah berkarat. Ada pula jenis stainless steel yang dapat dijadikan pilihan jika memiliki kulit yang sensitif atau mudah terkena alergi.

Namun, saat ini bingkai kacamata juga dibuat dengan memadukan bahan logam dan plastik. Misalnya untuk bagian bingkai lensa dan hidung menggunakan bahan plastik, sementara bagian tangkainya menggunakan bahan logam. Selain untuk kepentingan estetika desain, hal inipun bersifat relatif terhadap kenyamanan sang pemakai.

Dua hal inilah yang berperan besar untuk memberi kenyamanan bagi anda saat mengenakan kacamata hitam. Jadi, bukan lagi sekadar bergaya bukan? (Kompas/Klasika)

Related Posts: